Dalam setiap kesempatan PT Lenox Pasifik Investama Tbk selalu mempertegas komitmennya untuk menyelenggarakan tata kelola Perusahaan yang baik (GCG) sebagai suatu landasan bagi bisnis yang berkelanjutan, dan elemen penting dalam menciptakan nilai bagi pemegang saham dengan mementingkan keseimbangan manfaat demi seluruh pemangku kepentingan Perusahaan.
Pelaksanaan GCG dalam Perusahaan mengakar pada pengendalian internal yang solid dan standar etika yang tinggi yang bersama-sama kebijakan yang secara konsisten diciptakan Perusahaan, memungkinkan Perusahaan untuk memacu praktik tata kelolanya sejalan dengan praktik terbaik GCG untuk mencapai tujuan sebagai berikut:
- Memaksimalkan nilai Perusahaan melalui peningkatan implementasi prinsip-prinsip GCG melalui seluruh aktivitasnya;
- Menyelenggarakan manajemen yang lebih profesional dan mandiri untuk memelihara citra Perusahaan;
- Memupuk proses pengambilan keputusan yang berakar pada standar etika yang tinggi dan taat pada peraturan yang berlaku.
- Memberikan manfaat tambahan bagi masyarakat sekitarnya melalui program tanggung jawab sosial (CSR).
Perusahaan berpegang pada prinsip transparansi, akuntabilitas, tanggung jawab, kemandirian dan keadilan dalam menjalankan tata kelola yang baik.
Transparansi
Manajemen terus berupaya untuk mempertahankan dan meningkatkan keterbukaan yang selayaknya atas laporan keuangan, tindakan korporasi dan kebijakan maupun kegiatan penting lain yang dilakukan. Manajemen yakin bahwa melalui upaya ini, kepercayaan dari seluruh pemangku kepentingan dapat dipertahankan dan ditingkatkan demi kepentingan jangka panjang Perusahaan.
Informasi yang relevan, baik mengenai financial maupun non-finansial, dapat diakses dengan mudah dan disajikan secara komprehensif agar para pemangku kepentingan mendapat gambaraan tentang status Perusahaan.
Perusahaan mengumumkan informasi penting mengenai Perusahaan dalam rangka transparansi, mengikuti ketentuan peraturan yang berlaku maupun untuk diketahui publik melalui fasilitas IDX Net yang disediakan Bursa Efek Indonesia, iklan pengumuman di surat kabar, dan paparan publik yang diselenggarakan setiap tahun.
Semua informasi mengenai kegiatan dan perkembangan Perusahaan juga tersedia pada situs Perusahaan: www.lenox-pasifik.co.idyang secara berkala diperbaharui dengan status terakhir untuk diketahui investor, pemegang saham maupun publik. Situs Perusahaan juga menyediakan fasilitas untuk mengunduh (download) Laporan Tahunan & Laporan Keuangan Perusahaan.
Akuntabilitas
Perusahaan menerapkan prinsip akuntabilitas dengan memisahkan fungsi, kewenangan dan tanggung jawab masing-masing organ Perusahaan, yaitu Rapat Umum Pemegang Saham, Dewan Komisaris dan Direksi. Kewenangan masing-masing organ, dimuat dalam Anggaran Dasar Perusahaan.
Dewan Komisaris beserta komite-komite yang membantu Dewan Komisaris, yaitu Komite Audit dan Komite Remunerasi berperan untuk menjaga keseimbangan kepentingan antara manajemen, pemegang saham, dan pemangku kepentingan lain.
Tanggung Jawab
Perusahaan mentaati peraturan yang berlaku dan menunjukkan tanggung jawabnya terhadap publik dan lingkungannya untuk mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan dalam jangka panjang dan dikenal sebagai warga korporasi yang baik (good corporate citizen).
Selain tanggung jawab utama kepada pemegang saham dan investor, Perusahaan juga mengemban tanggung jawab kepada masyarakat, karyawan, pelanggan dan lingkungan. Perusahaan menunjukkan tanggung jawab kepada masyarakat dan lingkungan, terutama yang berada di sekitar kegiatan operasi Perusahaan melalui pembinaan masyarakat sebagai bagian dari tanggung jawab sosial Perusahaan yang dibahas tersendiri dalam Laporan Laporan Tahunan ini. Keberlanjutan Perusahaan tidak lepas dari peran seluruh karyawan. Melalui divisi Human Resources, perusahaan terus mengembangkan program – program pemberdayaan dan pengembangan karyawan untuk menghasilkan tenaga kerja yang memiliki keahlian unggul, dan calon pemimpin yang kompeten dan berintegritas.
Untuk memacu prestasi unggul, Perusahaan menganut sistem meritokrasi, yang menghargai kontribusi dan kinerja karyawan.
Kemandirian
Perusahaan memastikan bahwa masing-masing unit bisnis Perusahaan dikelola secara independen oleh para profesional yang kompeten untuk memenuhi tuntutan dan harapan dari pasar global, regional dan domestik dengan tetap sejalan dengan prinsip GCG yang berlaku. Pedoman tingkah laku memberi pedoman bekerja dan berperilaku bagi seluruh anggota Perusahaan dan membahas independensi dan konflik kepentingan, serta mengatur bahwa konflik kepentingan dapat dihindari setiap saat agar pengambilan keputusan dapat dilakukan secara obyektif.
Keadilan
Perusahaan memberikan keadilan bagi semua Pemegang Saham, baik yang besar ataupun kecil; serta wajib memastikan bahwa para Pemegang Saham tersebut memiliki hak yang sama.
Oleh karena itu, Perusahaan selalu memberikan kesempatan yang sama dalam pemungutan suara pada saat Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).
Perusahaan juga memberikan kesempatan yang sama kepada seluruh karyawan untuk mengikuti pelatihan, seminar, ataupun lokakarya yang diadakan secara rutin bagi semua tingkat karyawan.